Senin, 27 Februari 2017

BAB I PENDAHULUAN

BAB I
PENDAHULUAN



1.1.   LATAR BELAKANG
Banyak penemuan-penemuan baru tentang sistem operasi khususnya sistem yang dipakai untuk berinteraksi sosial dengan mobile phone. Sarana untuk berintaksi sosial kini penulis mengambil beberapa kesimpulan dari facebook untuk tugas akhir, kenapa demikian? Dari sekian juta manusia, facebook sebagai alat untuk berinteraksi sosial dari kejauhan untuk bisa mengetahui kabar khususnya saudara, teman dan relasi-relasi kita. Dan dalam perkembangan teknologi saat ini facebook bisa diakses lewat mobile phone, Ini dikarenakan kombinasi antara sistem operasi, hardware. Banyak platform smartphone pada saat ini, dilihat dari sistem operasi dan spesifikasi hardware yang digunakan. Sistem operasi yang sedang populer saat ini yaitu Sistem Operasi Android.
Sebagai makhluk individual manusia mempunyai dorongan atau motifasi untuk mengadakan hubungan dengan dirinya sendiri, sedangkan sebagai makhluk sosial manusia mempunyai dorongan untuk mengadakan hubungan dengan orang lain, manusia mempunyai dorongan sosial. Dengan adanya dorongan atau motifasi sosial pada manusia, maka manusia akan mencari orang lain untuk mengadakan hubungan atau untuk mengadakan interaksi. Dengan demikian maka akan terjadilah interaksi antara manusia satu dengan manusia yang lain.
Android merupakan platform lengkap mulai dari sistem operasi, aplikasi, tool developing, market aplikasi dan dukungan vendor industri mobile. Android sendiri merupakan suatu perangkat lunak untuk perangkat mobile yang di release oleh google. Sedangkan android SDK (Software Development Kit) menyediakan Tools dan API yang diperlukan utuk mengembangkan aplikasi-aplikasi platform android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Tentu ini merupakan keunggulan yang tidak dimiliki oleh platform lain.
Permasalahan yang ada dapat diatasi dengan dibuatnya ”Aplikasi Pengembangan Relasi dan Interaksi Sosial, akan menjadikan teman pengingat relasi untuk berkomunikasi yang solid. Disisi lain aplikasi ini mengembangkan fitur yang ada dan ditambahkan fitur yang belum ada. Fitur yang belum ada saat ini adalah fitur pesan pengingat pada nomor kontak, pengingat ulang tahun, agenda pengingat dan pengembangan fitur relasi kontak. Berdasarkan hal tersebut alasan penulis mengambil tema judul “Aplikasi Pengembangan Relasi dan Interaksi Sosial Pada Sistem Operasi Android”.

1.2.   RUMUSAN MASALAH
Dari suatu analisa dan pemikiran yang telah dilakukan sebelumnya, maka didapatkan beberapa rumusan masalah sebagai berikut:
a.      Bagaimana membuat aplikasi yang dapat memasukkan data relasi kontak dan data pengelompokan relasi user.
b.      Bagaimana membuat sistem aplikasi yang bisa memberikan pesan pengingat kepada user.
c.       Bagaimana membuat sistem pengingat hari ulang tahun kontak.
d.      Bagaimana membuat sistem penghitung ulang tahun.

1.3.   BATASAN MASALAH
Dalam pembuatan Aplikasi Pengembangan Relasi dan Interaksi Sosial Pada Operasi Sistem Android dibuat beberapa batasan agar fokus dalam pengerjaannya. Batasan masalah tersebut antara lain:
a.      Aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada sistem operasi android.
b.      Tidak membahas model mobile phone yang akan dijadikan alat untuk  ditanamnya aplikasi ini.
c.       Tidak dapat mengetahui hubungan relasi diluar kontak kecuali diarahkan secara manual pada satu hubungan relasi.
d.      Membatasi pengelompokan pada relasi user ataupun data relasi.
e.       Tidak membuat sistem aplikasi yang dapat memberikan pesan pengingat kepada nomor kontak relasi.

1.4.   TUJUAN
Tujuan yang ingin dicapai  dari pembuatan tugas akhir ini diantaranya sebagai berikut:
a.      Membuat aplikasi yang dapat menampilkan relasi sosial, baik dari relasi user atupun status relasi yang ada dalam kontak.
b.      Membuat sistem yang dapat memberikan pesan pengingat (notifikasi) ketika dalam 1-2 hari kedepan apabila belum melakukan panggilan (Sesuai Pengaturan).
c.       Membantu atau mengingatkan user di hari ulang tahun relasi kontak sehari sebelum hari ”H” (Sesuai Pengaturan) .
d.      Membuat aplikasi yang dapat menghitung umur relasi.

1.5.   MANFAAT
Adapun beberapa manfaat yang diperoleh dalam tugas ahkir ini tentang pembuatan sistem aplikasi adalah sebagai berikut:
a.      Mempermudah pencarian user ketika nomor relasi kontak tidak aktif dengan melalui relasi-relasinya.
b.       Pesan pengingat salah satu sistem utama yang sangat bermanfaat untuk berinteraksi sosial dengan relasi yang ada pada phonebook.
c.       Tali persaudaraan akan semakin erat ketika user memberikan ucapan selamat kapada relasi.
d.      Menjaga tali silaturahmi kepada relasi ataupun teman dekat yang ada pada phonebook.

1.6.   METODOLOGI PENELITIAN
Metode penelitian dalam sekripsi ini menggunakan SDLC (Sistem Development Life Cycle) yaitu proses logis yang digunakan oleh analis sistem untuk menggambarkan sebuah sistem aplikasi. SDLC merupakan siklus pengembangan sistem. Pengembangan sistem teknik (engineering sistem development). Meliputi langkah berikut: [4.27]
a)      Identifikasi Masalah.
Fase ini merupakan fase yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dari fase berikutnya. Analis harus berkerja sama dengan orang yang ada di organisasi untuk mengindentifikasi masalah.
b)     Menentukan Informasi
Beberapa cara Analisis Informasi yang sering digunakan adalah Sampling dan Investigating Hard Data, Wawancara, Questioner, Observasi Cara Pengambilan Keputusan, Lingkungan Office dan Bahkan Prototyping.
c)      Analisa.
Tujuan dari analisa sistem adalah untuk menentukan masalah upaya untuk memperbaiki sistem. Sehingga diharapkan dengan dilakukannya analisa sistem, maka permasalahan yang ada akan dapat teratasi.
d)     Desain.
Sistem design menguraikan layar layout, proses diagram dan dokumentasi lainnya. Hasil dari tahap ini akan menjelaskan sistem baru sebagai kumpulan modul atau subsistem.
e)      Mengembangkan dan mendokumentasikan perangkart lunak.
Pada fase ini Analis bekerja dengan Programmer untuk membuat Software yang dibutuhkan.
f)       Testing atau Mintenance.
Setelah perangkat lunak dibangun, maka dilakukan pengujian untuk menguji tingkat kehandalan perangkat lunak yang telah dibangun. Hal ini dilakukan untuk memastikan kehandalan software.
g)      Implementasi.
Analis membantu implementasi Sistem Informasi dengan melibatkan user untuk ditraining.
Peneliti akan melakukan kajian pustaka dengan cara penelusuran literatur yang sesuai dengan analisis yang akan dilakukan yaitu tentang Aplikasi Pengembangan Relasi dan Interaksi Sosial Pada Operasi Sistem Android. Literatur yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah buku, website dan hasil penelitian orang lain. Eksperimen dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang sistem operasi android. Peneliti akan melakukan pengamatan serta uji coba pada mobile phone dan emulator tersebut. Sehingga data yang diperoleh dari kajian pustaka dan hasil eksperimen akan dilakukan analisis untuk memperoleh kesimpulan dari penelitian.

1.7.   SISTEMATIKA PENULISAN.
Laporan ini akan menjelaskan secara lengkap tentang pembuatan aplikasi pengembangan interaksi dan relasi sosial pada operasi sistem android. Agar lebih memahami materi, laporan ini di bagi menjadi tujuh bab yang dilengkapi dengan penjelasan langkah dan ilustrasi.
BAB I             : PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang pendahuluan yang memuat latar belakang, Rumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat yang bisa diperoleh dalam tugas akhir ini serta metodologi penelitian dan sistematika pembahasan yang digunakan dalam tugas akhir.
BAB II            : LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang teori-teori yang menunjang atau mendukung dalam pembuatan tugas akhir ini. Sehingga memperjelas serta memudahkan dalam pemahaman yang berhubungan dengan teori-teori yang ada.
BAB III          : ANALISA SISTEM
Bab ini menjelaskan tentang deskripsi sistem, kebutuhan data, kebutuhan proses dan aliran data pada laporan ini akan menjelaskan secara lengkap tentang pembuatan aplikasi pengembangan interaksi dan relasi sosial pada operasi sistem android.
BAB IV          : DESAIN SISTEM
Bab ini menjelaskan tentang model data, algoritma proses dan desain interface untuk menjelaskan bagaimana implementasi aplikasi yang telah dibuat berdasarkan desain yang akan dibuat.
BAB V            : IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini menjelaskan tentang perangkat keras, perangkat lunak, model perangkat lunak, file program dan file database yang digunakan dalam pembuatan sistem aplikasi ini.

BAB VI          : HASIL DAN PEMBAHASAN
Bab ini menjelaskan tentang uji coba sistem yang ada dengan mengoperasikan laporan ini akan menjelaskan secara lengkap tentang pembuatan aplikasi pengembangan interaksi dan relasi sosial pada operasi sistem android dan analisa data dari program yang telah dibuat.
BAB VII         : PENUTUP
Bab ini berisikan kesimpulan dan saran untuk pengembangan lebih lanjut dalam upaya memperbaiki kelemahan yang ada guna mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar